SHOW AT HOME #ShowTanpaBatas

PRESS RELEASE

07 Juli 2020, by SenayanCity


KOLABORASI SENAYAN CITY & EDWAN HANDOKO

 

Jakarta, 10 Mei 2020 - Ditengah pandemik Covid-19, Senayan City sebagai destinasi pusat belanja favorit di Jakarta tidak henti-hentinya melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai program menarik yang dapat dinikmati pengunjung setianya dan para pecinta fashion saat harus #stayathome. Melalui platform digital, Senayan City menghadirkan konten kreatif bertemakan #SCSHOWFROMHOME yang merupakan virtual show yang dijalankan oleh Senayan City dan berkolaborasi dengan Edwan Handoko selaku profesional koreografer ternama di Indonesia.

Identik dengan beragam program fashion and lifestyle, Senayan City selalu menyuguhkan konsep yang berbeda dari biasanya. Menyambut Hari Raya Idul Fitri mendatang, Senayan City tidak lagi menyuguhkan Opening Ramadan di atas panggung megah dan menawan untuk menampilkan trunk show dari desainer Indonesia. Kali ini, Senayan City mempersembahkan virtual fashion show #SCSHOWFROMHOME yang di dasari oleh keinginan teman-teman di industri fashion yang selalu ingin berkarya meski berada di rumah.

“Sebagai mal yang selalu menghadirkan program fashion yang ditunggu-tunggu para pecinta fashion tanah air, ditengah pandemik Covid-19 ini Senayan City ingin mengobati kerinduan para pencita fashion yang #stayathome untuk tetap dapat menikmati fashion show dari desainer Indonesia dengan mempersembahkan fashion show secara virtual. #SCSHOWFROMHOME merupakan konten fashion secara virtual yang dihadirkan Senayan City dengan berkolaborasi bersama Edwan Hadoko dan beberapa desainer Indonesia diantaranya Ria Miranda, Purana, Sav Lavin dan Mel Ahyar. Program #SCSHOWFROMHOME akan mempresentasikan koleksi terbaru dan special edition dari para desainer secara virtual dengan melibatkan model yang fashion show dari rumah. Dengan hadirnya virtual program ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para pecinta fashion tanah air serta dapat langsung dibeli untuk dipakai di Hari Raya Idul Fitri”, ungkap Halina selaku Leasing & Marketing Director Senayan City.

“Program fashion show at home ini merupakan salah satu cara untuk menyemangati teman-teman di dunia fashion mulai dari desainer, model, crew dan team support lainnya untuk tetap berkarya. Saat ini yang dibutuhkan adalah kolaborasi dan berkarya untuk saling mendukung satu sama lain. Dan yang terpenting sekarang adalah untuk saling menyemangati dan menebarkan energi positif. Kita lakukan pekerjaan kita sebagai manusia yang bekerja didunia fashion dan Tuhan akan mengerjakan bagiannya. Semoga dengan fashion show at home bisa menginspirasi teman-teman di industri fashion”, ungkap Edwan Handoko.

Berikut desainer #SCSHOWFROMHOME dan adalah rangkaian koleksinya yang menginspirasi :

1. NAGARI by RIA MIRANDA

Hadir pada virtual show tanggal 10 Mei 2020 di IG @SenayanCity, koleksi NAGARI yang terinspirasi dari budaya Minang menjadi sumber inspirasi Ria Miranda. Representasi tradisi dan budaya Minang sangat kental pada koleksi Raya 2020 bernama Nagari itu, dengan kekuatan identitas ragam motif kain tenun songket dan batik Sumatera Barat. ‘Nagari’ memiliki arti ‘negeri’ dalam Bahasa Minang, mencerminkan sebuah rasa personal akan kerinduannya untuk kembali pulang. Pulang untuk kembali menjadi manusia tanpa beban hidup, meskipun rasa rindu itu tak mungkin dilakukan tahun ini.

Proses kreatif lainnya dari ciri khas Minang yaitu dengan adaptasi pemilihan motif Rumah Gadang dan jalan kelok Sembilan dalam potongan busana, hingga modifikasi teknik sulam dan bordir layaknya baju tradisional khas Sumatera Barat sesungguhnya.

“Berbeda seperti koleksi Minang yang pernah aku buat, eksplorasi kali ini lebih dalam dan beragam karena menampilkan budaya tanah kelahiranku dari berbagai aspek. Saat pembuatan koleksi ini, aku ingin memberikan nyawa dan rasa rinduku pada Minang. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, jadi selalu berdoa setiap kali melihat dan mengenakan koleksi Nagari. Wahai ibu pertiwi, lekaslah sembuh dari wabah ini.” ujar Ria Miranda.

Koleksi Nagari ini menampilkan looks feminin elegan yang terlihat dari siluet, pemilihan warna, tekstur kain hingga cutingnya. Terdapat detail draping dan layering membuat baju ini bisa digunakan lebih dari satu style dengan pilihan warna olive, khaki, lilac dan cream.

 

2. RESORT 2020 by PURANA

Musim semi yang segera berakhir menandakan saatnya PURANA meluncurkan koleksi Resort 2020 yang berkonsentrasi pada rona elegan biru dan hijau olive. Kali ini, Purana meluncur koleksi Resort 2020 ini dengan karakter yang versatile, juga menunjukkan konsistensi dalam kultur kolaborasi. Kali ini PURANA menggandeng desainer grafis Taja Sukarya yang terkenal dengan karya ilustrasinya serta telah menerbitkan graphic novella dan buku untuk anak-anak yang ia tulis dan gambar sendiri cerita serta ilustrasinya.

Menggunakan satu motif kreasi Taja, PURANA menghasilkan sekitar 15 jenis busana yang antara lain terdiri dari jumpsuit, dress yang bisa menjadi outerwear, vest, atasan yang bisa menjadi outer, two-ways kimono outer dan celana. Setiap item menganut ciri khas PURANA yang mudah dipadu-padankan baik dengan item lain dari koleksi yang sama atau busana lama yang sudah dimiliki pemakainya.

“Kami melihat work reference Taja dan terpaku pada satu motif yang menurut kami sangat atraktif,” kata Nonita, yang bersama Taja lalu memodifikasi motif tersebut dan menjadikannya seolah terlihat mengambil inspirasi dari kebudayaan Aztec. Motif yang abstrak, sarat dengan estetika grafis simbolik itu pun segera menambah kosakata dalam koleksi PURANA dalam virtual show yang berlangsung Senin, 11 Mei 2020 lalu.

 

3.  SAV LAVIN

Siluet sebagai dasar utamanya – pada bagian atas terlihat ramping dan memanjang dan untuk bagian bawah terlihat melebar dengan pola berbentuk koin dan surat kertas. Koleksi ini terinspirasi dari sisi mewah benda tersebut dan ditambah dengan sentuhan dari Sav yang nyaman serta menyatu dengan tubuh. Kain ini menggunakan kombinasi katun dan polyester dengan warna hitam, putih, gold, silver dan burgundy.

Garis besar koleksi ini berkonsep tentang koin dan surat kertas, koleksi SS20 ini memfokuskan ide tentang bagaimana koleksi ini bisa digunakan setiap hari, terpisah dari manusia dan kebudayaan yang ada di dunia. Penelitian mendalam dilakukan denagn melihat perilaku manusia dari kolektor koin hingga street art, koleksi ini merupakan tentang apa yang akan kita lakukan, bagaimana kita melihat dan apa yang kita rasakan. Unsur nostalgia masa lalu ditampilkan dengan konsep-konsep yang menarik dan proses pengerjaannya disesuaikan dengan proporsi yang detail yang dapat dilihat pada koleksinya.

 

4. MEL AHYAR

HAPPA Pre-Fall 2020 – Nama koleksi kali ini, “Bin-bini”, merupakan turunan dari kata bini. Bini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah perempuan yang sudah dinikahi; istri. Menjadi seorang istri adalah salah satu peran wanita dalam keluarga, sebagai seorang pasangan yang imbang, penyemangat, dan penasehat bagi suaminya. Bagi istri yang telah memiliki anak, peran seorang ibu adalah memberi Cinta kasih, mengayomi, dan membimbing anak-anaknya. Sedangkan dalam negara, peran wanita juga signifikan karena jumlah penduduk wanita lebih banyak daripada pria, sehingga para wanita dapat memberi dampak besar sebagai subjek pembangunan bangsa.

Happa mengambil inspirasi dari dua tenun istimewa yang berasal dari Baduy dan Bali, yaitu tenun endek dan tenun Baduy. Kain tenun Baduy memiliki kekhasan dari bahannya yang agak kasar dan warnanya cenderung dominan. Biasanya, motif kain suku Baduy berupa garis warna-warni dan motif yang terinspirasi dari alam. Demikian juga dengan tenun endek dari Bali dengan beragam motifnya yang memiliki fungsi yang berbeda, seperti motif geometris, flora fauna, maupun figuratif.

Tak lepas dari ciri khas Happa, cutting dan volume koleksi kali ini juga beragam dan berani, saling tumpang tindih dan berlapis. Warna-warna yang vibrant pada motif print juga melengkapi aksen dengan kain tenun asli dari Baduy dan Bali yang mencerminkan dengan kuat budaya Indonesia. Jika berbicara tentang Happa, semua desain tak lekang dari permainan detail yang rumit. Semua sentuhan etnik ini tentunya tidak lupa dibalut dalam kesan modern dan muda. Koleksi baru ini kami persembahkan bagi para wanita Indonesia yang luar biasa. Coming soon, HAPPA Pre-Fall 2020 – Bin-bini.

You might also like this article


10 April 2019

FASHION NATION 13th EDITION - OPENING NIGHT IN VOGUE

Senayan City, known as the most fashionable shopping destination in Jakarta is back o

Find out more

23 Desember 2016

KEKAYAAN BUMI MENGINSPIRASI GELARAN GAIA HYPHOTESIA

Jakarta, 27 Oktober 2016 Konsistensi Senayan City sebagai pusat belanja yang menduku

Find out more

22 September 2017

11 YEARS SENAYAN CITY METAMORPHOSIS AND 90 YEARS OPTIC SEIS ACHIEVING VISION TO INNOVATION

90 FRAMES OF FAME DEFINING 11 YEARS SENAYAN CITY METAMORPHOSIS AND 90 YEARS OPTIC SEI

Find out more

17 Mei 2018

THE NEXT HYPE - FASHIONLINK X BLCKVNUE

Jakarta, 19 April 2018 As a part of Senayan City Fashion Nation 12th Edition (FNXII)

Find out more

© 2021 SENAYAN CITY I ALL RIGHTS RESERVED

AFFILIATE OF AGUNG PODOMORO LAND

  
What's on your mind?